Kamis, 23 Januari 2014

Lemaga Pemberdayaan Masyarakat Daerah (LPMD) Desa Sukamulya


Ibu Kepala Desa Beserta Perangkat Desa Sukamulya
Pada bulan Januari 2014, Lemaga Pemberdayaan Masyarakat Daerah (LPMD) Desa Sukamulya belum terbentuk dikarenakan adanya pengunduran diri dari ketua  LPMD sebelumnya dikarenakan usianya yang sudah tua. Oleh sebab itu, di awal bulan tahun 2014 ini terjadi perombakan ulang kepengurusan LPMD Desa Sukamulya.
 
Pada awalnya, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Daerah (LPMD) hampir sama dengan Lembaga Ketahanan Masyarakat  Desa (LKMD). LPMD diciptakan atas dasar keputusan desa. Berbeda dengan BPD yang dibentuk berdasarkan keputusan pemerintah kabupaten, jumlah anggota LPMD tidak dibatasi. Tugas LPMD adalah membantu kepala desa didalam pembangunan fisik dan non fisik. Oleh karena itu anggotanya harus mampu untuk bekerja sama dan aktif dalam kelancaran pembangunan desa.



Pembentukan struktur baru LPMD ini cukup sulit karena belum ada calon yang bersedia untuk terlibat menjadi anggota LPMD. Selain itu selama rapat pembentukan yang dilaksanakan pagi tadi, sebagian besar tamu undangan sebanyak 60 orang belum datang.  Pada kesempatan pembentukan kepengurusan LPMD baru, ketua LPMD periode sebelumnya, Bapak Omo Casma, memberikan bekal dan pengetahuannya seputar tugas dan tanggung jawab yang terdapat di dalam kepengurusan. Ia menjabat sebagai ketua LPMD sejak 2002 hingga 2014. Sebelumnya, Bapak Omo pernah menjadi sekretaris desa dari tahun 1982 hingga 2002. Jika sesuai dengan surat keputusan kepala desa, masa jabatan anggota LPMD adalah selama 3 tahun untuk satu periode.

Situasi Musyawarah Pembentukan Pengurus LPPMD 2014/2017
 
Ketika rapat sedang berlangsung, Bapak Anton selaku ketua Badan Pemerintahan Daerah (BPD) Desa Sukamulya, menanyakan kepada hadirin yang terdiri dari ketua RT, RW, dan kelompok pemuda mengenai calon yang tepat untuk menjadi anggota LPMD. Setelah itu, rapat sempat ditunda sampai jam 11.00 untuk menunggu para calon yang kebanyakan masih di sawah.

Hasil dari rapat pembentukan anggota baru, didapatkan nama-nama ketua, sekretaris, dan bendahara. Nama-nama pejabat LPMD ialah; Bapak Ewang sebagai ketua, Bapak Alan sebagai sekretaris, dan Bapak Toto sebagai bendahara.

0 komentar:

Posting Komentar